KKN STAMIDIYA DESA MANDUNG 2018

sabtu, 10 Maret 2018.


Kesejahteraan Petani

Tiada ungkapan yang paling mulia selain memuji sang khaliq dengan kalimat "al-hamdulillahi rabbil 'alamien" karna berkat karunia-Nyalah kita dapat menjalankan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dengan baik dan kompak. Sholawat dan salam semoga tetap tecurahkan terhadap junjungan  kita nabi besar muhammad S.W.T. Sang sosok revormator, pembawa perubahan dan pemersatu ummat ketika mereka dalam ketersesatan yang nyata.
Pada kesempatan kali ini mahasiswa KKN Stamidiya 2018 mengadakan penyuluhan pembuatan pupuk organik yang mana sasarannya
adalah para petani yang ada desa mandung. kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat untuk jangka panjangnya terhadap kelangsungan hidup para petani, karena dengan adanya kegiatan ini di harapkan agar para petani mampu secara mandiri membuat dan mengolah pembuatan pupuk secara organik, sehingga penggunaan pupuk urea bisa di minimalisir untuk menjaga tingkat kesuburan tanah. Dalam kegiatan ini, mahasiswa KKN Stamidiya mendatangkan pemateri dari mahasiswa pasca sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya jurusan Pemberdayaan Masyarakat.

saat pemateri menjelaskan tentang 
pembuatan pupuk organik

program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di luncurkan di desa mandung Kec. Kokop  Kab. Bangkalan oleh peserta KKN Stamidiya 2018 kali ini mendapatkan apresiasi yang sangat bagus dari kepala desa mandung, beliyau mengatakan bahwa program ini adalah satu satunya terobosan program yang di  adakan di desa mandung dan tidak pernah di adakan oleh peserta KKN sebelum sebelumnya, beliyau juga menambahkan kalau program ini sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk jangka panjangnya bagi masyarakat mandung.

sambutan kepala desa mandung
bpk Abd. Kholiq

dalam kegiatan ini tidak hanya membahas tentang pembuatan pupuk organik tapi juga tentang pemanfaatan pekarangan untuk pembibitan. Menurut pemateri, banyak hal yang bisa di lakukan untuk memanfaatkan pekarangan rumah, sekalipun pekarangan rumahnya kecil dan sempit. Para petani masih bisa memanfaatkan dan menjadikan kesempatan untuk menanam bibit sayur sayuran.

proses pembuatan pupuk organik


proses pencampuran kotoran sapi dengan
tanah, dan serbu padi

pemberian EM4 pada campuran kotoran sapi dan bahan bahan lain


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontributor

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.